Hilang Laptop di Paris, 2000

Ini kedua kalinya saya ke Paris, setelah sebelumnya saya pernah ke sana pada tahun 1997. Saat itu saya harus tinggal di Belgia untuk melakukan riset selama 3-4 bulan. Di Belgia saya memilih tinggal di kota Leuven, kota pelajar dan kebetulan banyak orang Indonesia yang sedang belajar di Universitas Leuven. Waktu itu saya diajak oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Belgia untuk jalan-jalan ke Paris. Kebetulan mereka belum pernah kesana, sedangkan saya sudah hafal seluk beluk kota Paris karena pernah hampir 2 bulan menjelajah kota Paris pada tahun 1997.

Dari Leuven naik kereta api ke Brussels, lalu disambung naik bis ke Paris, berangkat dari Brussels Nord (stasiun utara kota Brussels). Sebetulnya ada kereta cepat Brussels-Paris (TGV, 300 km/jam), tapi karena harga tiket bis jauh lebih murah, kami naik bis. Maklum, barengan sama mahasiswa-mahasiswa yang ingin berhemat untuk memperbanyak oleh-oleh. Saya pikir tidak ada salahnya mencoba melihat pemandangan yang berbeda, karena saya pernah mencoba kereta cepat tersebut tahun 1997.

Kami menginap di penginapan yang lumayan murah, kalau di rupiahkan mungkin sekitar 300 ribuan, satu kamar di share bayar 2 orang, jadi jatuhnya cuman 150 ribuan. Itulah hebatnya bepergian dengan mahasiswa, penuh perencanaan yang akurat untuk menghemat uang. Ceritanya waktu itu teknologi kamera dijital masih sangat terbatas. Saya sudah punya SLR 1.4 Mega Pixel (ga ada yang lebih bagus, kecuali yang kelas Pro). Memori masih sangat terbatas, paling-paling 16-32 MB. Sebagai solusi untuk storage, terpaksa menggendong laptop kemana-mana, seperti yang saya lakukan waktu itu. Asyik juga, saya sempat mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya dan dengan semangat, jeprat-jepret sesukanya, karena setiap memori penuh saya bisa pindahkan ke laptop. Lebih dari 1000 foto yang saya kumpulkan, termasuk foto dari puncak Nore Dame, juga foto lonceng Notre Dame yang suka dipukul oleh si bungkuk dalam film Disney ‘The Hunchback from Notre Dame’. Harus antri untuk bisa naik ke atas, tangganya sangat kecil dan sangat curam. Perlu antri sekitar 1 jam untuk dapat kesempatan naik ke atas. Begitu sampai di atas, “Oh my God!”, pemandangannya persis dalam film ‘The Hunchback from Notre Dame’. berarti film kartun tersebut dibuat dengan sangat akurat. Saya juga sempat naik sampai ke puncak Arc de Triomphe dan bisa memandang ke arah segitiga kaca Louvre serta Place de la Defense. Tentunya banyak sekali foto yang saya ambil di kedua tempat yang belum saya kunjungi sampai ke atas di tahun 1997.

Akhirnya sampailah pada hari pulang ke Belgia. Pagi hari sebelum pulang, kami sarapan di McDonald dekat penginapan. Kami duduk di tempat duduk yang sangat tinggi sedangkan tas dan laptop kami senderkan ke kaki kursi di bawah kami. Selesai makan, saya kaget luar biasa! Laptop yang saya simpan tepat di bawah saya sudah tidak ada lagi di tempatnya! Ya….., apa boleh buat! Nyesel juga, kenapa tidak saya simpan di atas meja. Tentunya yang hilang bukan hanya laptopnya, tapi seluruh foto yang saya ambil selama dua hari penuh di Paris. Foto yang selamat hanya segelintir yang masih tersisa di memori kamera, diantaranya adalah foto di bawah ini.

paris100025.jpg

Saya coba lapor ke kantor polisi. Wah, cape….., tidak banyak orang di kantor polisi yang bisa berbahasa Inggris. Mudah-mudahan pengalaman saya ini membuat anda lebih berhati-hati. Paris kota wisata yang sangat ramai. Banyak pendatang dari berbagai penjuru dunia yang karakternya beraneka ragam. So, be careful!

– Arry Akhmad Arman –

3 thoughts on “Hilang Laptop di Paris, 2000

  1. iya pak pangalaman yang “menarik” tuh dan bisa dijadikan pelajaran berharga…sama kayak di Milan, g semua kota maju aman dari copet y pak…apalagi di kota-kota besar

Leave a Reply

