Bulan Mei 2001 saya mendapat kesempatan pertama kalinya ke Amerika (sampai sekarang belum bertambah), yaitu ke San Francisco. Tugasnya, jalan-jalan ke Silicon Valley, serta mengadakan dengar pendapat dengan masyarakat Indonesia di San Francisco dan Silicon Valley yang mempunyai keterkaitan dengan IT. Saya berangkat dengan Pak Farid (Informatika) dan kebetulan waktu itu Pak Armein (dosen Elektro) sedang berada di San Francisco juga. Disini saya engga akan cerita pekerjaannya, tapi mau share cerita yang indah-indah saja.

goldengate2.jpg

Suatu sore, diantar Pak Armein yang sudah lebih mengenal kota SF, kami bertiga jalan menyusur jembatan yang sangat terkenal, yaitu Golden Gate, dengan berjalan kaki. Jembatan Golden Gate selesai dibangun tahun 1937, menghubungkan kota SF dengan Marin County (kata Pak Wiki). Jembatan ini dikenal sebagai jembatan gantung paling panjang bentangan antara dua tiang penggantungnya, yaitu 4200 feet atau 1280 meter. Banyak jembatan yang lebih panjang, tapi bentangan antara dua tiang penggantungnya tidak ada yang lebih panjang dari Jembatan Golden Gate. Nah, akhirnya, persis di bagian tengah jembatan, saya bisa menyentuh tali baja raksasa yang menggantung jembatan tersebut.

 

goldengate.jpg

Mau tahu besarnya kawat baja penggantung jembatan Golden Gate. Silakan perhatikan foto di bawah ini.

goldengate3.jpg

Jembatan ini benar-benar digantung, pada saat berjalan di tengah jembatan, kita akan merasakan jembatan tersebut berayun-ayun. Kalau anda ke SF, jangan lewatkan pengalaman seperti ini.

Advertisements