berbukit02.jpgSelama ini kalau berkunjung ke suatu tempat ada rumus sederhana: kalau terletak di ketinggian (pegunungan) kemungkinan udaranya sejuk, tetapi kalau di tepi pantai akan panas sekali. Nah, uniknya hal itu tidak berlaku untuk kota San Francisco. Bahkan kota ini sering berkabut. Termasuk jembatan Golden Gate yang sangat panjang dan tinggi itu, sering kali tidak terlihat ditelan kabut di atas laut. Unik kan? Silakan lihat foto ini. Informasi yang saya kutip dari wikipedia menyatakan bahwa temperatur tertinggi rata-rata sepanjang tahun berkisar antara 13 derajat Celcius hingga 21 derajat Celcius. Asyik, kan?

Mengapa bisa demikian? Padahal San Francisco terletak di pinggir laut. Cuaca San Francisco sangat dipengaruhi oleh arus dingin Lautan Pasifik. Keunikan lainnya adalah kota yang berbukit-bukit dan mempunyai kontur yang yang tidak datar, tapi naik turun seperti kota Bukit Tinggi di Sumatra Barat atau daerah Rancakendal atau Awiligar di Bandung (he3x).

Salah satu ciri khas kota San Francisco adalah Cable Car atau alat transportasi kuno seperti kereta yang berjalan di atas rel, tapi bersatu dengan jalan mobil. Cable car adalah tumpangan wajib yang tidak boleh terlewatkan ketika anda berkunjung ke San Francisco. Di ujung rute perjalanannya, ada tempat memutarkan arah Cable car tersebut. Nampaknya memang sengaja ingin dijaga keasliannya, proses memutar arah masih dilakukan secara manual, didorong oleh manusia.

Foto berikut ini adalah Cable Car yang sedang berjalan di jalan yang miring. Karena kecepatannya rendah, penumpang masih diijinkan bergelantungan seperti angkot di Bandung (he3x).

berbukit01.jpg

Advertisements