Sisa Tembok Berlin

Berlin, Juni 2006

Salah tempat yang wajib dikunjungi jika anda mampir ke Berlin adalah Tembok Berlin. Tembok ini dulunya memisahkan kota Berlin menjadi dua bagian: Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini dibangun pada tahun 1961 oleh Pemerintah Komunis Jerman Timur (cerita selengkapnya bisa dibaca disini). Antara tahun 1949-1961 sudah lebih dari 2 juta penduduk Jerman Timur lari ke Barat melalui Berlin, sehingga Berlin dianggap sebagai lubang yang harus ditutup. Berlin dengan Tembok Berlinnya akhirnya menjadi simbol Perang Dingin yang paling populer. Banyak film dibuat yang berkaitan dengan Tembok Berlin ini, diantaranya adalah film White Night (Gregory Hines, Isabella Rosellini) dengan lagu tema yang dinyayikan oleh Phil Collins & Marilyn Martin (jika tertarik, video clipnya mudah dicari di Youtube).

wall02.jpg

Sisa tembok Berlin (lukisan asli), 2004

wall01.jpg

Sisa tembok Berlin, bagian yang berisi lukisan baru, 2004

Tembok yang dulunya menjadi pemisah antara Berlin Barat dan Berlin Timur ketika Jerman belum bersatu , sekarang sudah dirobohkan. Sebagian segmen tembok tersebut disisakan sebagai peninggalan sejarah untuk Jerman dan dunia, juga sebagai objek turis. Sisa tembok tersebut terletak dekat Ostbanhof (Stasiun Timur). Ingin kesana? Turunlah di Ostbanhof, keluar stasiun, pasti anda bisa melihat tembok tersebut. Perlu diketahui bahwa tidak semua lukisan-lukisan di sisa tembok Berlin merupakan lukisan original yang dibuat ketika tembok tersebut belum dirobohkan. Sebagian merupakan lukisan baru yang dibuat setelah tembok dirobohkan.

berlin-wall.jpg

Saya dan istri tercinta berfoto di sisa Tembok Berlin, tahun 2006

.

Sudah dua kali saya mengunjungi tembok tersebut. Pertama kali adalah akhir 2004 ketika saya harus melakukan penelitian di Berlin selama 4 bulan, yang kedua adalah tahun 2006 ketika saya mampir di Berlin beberapa hari bersama istri dan seorang sahabat.

aaa.jpg

Saya di sisa Tembok Berlin, tahun 2004

Saya dan Tembok Berlin (2004).

Ada posting saya sebelumnya tentang mimpi mempromosikan tembok bergambar di Bandung yang ada kemiripannya dengan Tembok Berlin. Silakan baca posting tersebut disini.

4 thoughts on “Sisa Tembok Berlin

  1. Assalaamu ‘alaikum wr. wb.
    Netter yang semoga mendapat hidayah Alloh SWT.
    Subhaana`lLoh, Tembok Berlin atau Berlin Wall adlah pemisah wilayah Berlin. Mengapa harus dibuat tembok itu ya? Tanyakan pada Pemerintah Berlin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s