Jika anda naik TGV (kereta api cepat, 300 km/jam) dari Paris ke arah Belgia, biasanya akan mampir di Lille-Flandre. Coba perhatikan jadual anda, jika ada waktu istirahat yang cukup (40 menit atau 1 jam), jangan buang waktu hanya untuk duduk di stasiun. Banyak pemandangan indah yang bisa anda nikmati hanya dengan jalan kaki dari stasiun. Stasiun-stasiun di Eropa pada umumnya terletak persis di jantung keramaian kota.

Suasana dalam TGV
Suasana dalam TGV

Pada waktu itu (2006) saya naik TGV dari Paris menuju Mons (di Belgia) dan mampir di Lille-Flandre. Kami punya waktu jeda sekitar 1 jam, sehingga memanfaatkan untuk jalan ke luar stasiun.

Suasana Kota di sekitar Stasiun
Suasana Kota di sekitar Stasiun
Suasana Kota di sekitar Stasiun
Suasana Kota di sekitar Stasiun

Menurut wikipedia, Lille-Flandres merupakan stasiun kereta api utama kota Lille, Perancis. Stasiun ini merupakan ujung rel bagi kereta antarkota SNCF dan regional dan diberi nama Flandres pada 1993 ketika Lille-Europe dibuka. Stasiun ini terletak di ujung utara Perancis, dekat perbatasan dengan Belgia.

Stasiun ini dibangun oleh Léonce Reynaud dan Sydney Dunnett untuk CF du Nord. Konstruksi dimulai pada 1869 dan berakhir pada 1892. Halaman depan stasiun merupakan bekas dari Gare du Nord Paris dan dibongkar kemudian dipasang di Lille pada akhir abad ke-19, dan tingkat ekstra juga jam besar ditambah pada rancangan aslinya. Dunnett membangun Hotêl des Voyageurs pada 1887, dan atap pada 1892.

Stasiun Lille-Flandre
Stasiun Lille-Flandre