Indahnya Masjid-Madrasah Al Hasan di Kairo

Kairo, 2007

Masjid (dan madrasah) Sultan Hasan adalah Masjid-Madrasah yang terletak tidak jauh dari Citadel di ibukota Mesir, Kairo. Pembangunannya dimulai tahun 757H dengan masa pembangunan selama 3 tahun tanpa ada jeda satu hari pun. Pada saat itu, konstruksi masjid tersebut dapat dikatakan fantastis dilihat dari besar ukurannya dan komponen arsitekturnya yang inovatif. Masjid ini dirancang untuk menyertakan sekolah-sekolah untuk 4 aliran Sunni : Shafi’i, Maliki, Hanafi and Hanbali.

Masjid Al Hasan dilihat dari Citadel

Masjid Al Hasan dilihat dari Citadel

Saya beserta rombongan beruntung dapat mengunjungi masjid ini ketika melakukan kunjungan ke Kairo setelah pulang umroh pada tahun 2007. Masjid ini tidak jauh letaknya dari Masjid Ali Pasha yang terletak di Citadel. Jika kita di Masjid Ali Pasha, maka dengan mudah melihat ke Masjid Al Hasan ini, demikian juga sebaliknya. Masjid ini didominasi oleh warna coklat, seperti masjid-masjid lain di Kairo, demikian juga berbagai bangunan lainnya pada umumnya di Kairo.

Berfoto di depan Pintu Masjid

Berfoto di depan Pintu Masjid

Atap pintu Masjid

Langit-langit pintu Masjid

Interior masjid ini sangat memukau. Bagian utama dimana ada mimbar untuk khutbah adalah salah satu bagian yang paling menarik. Di bagian tertentu juga kita bisa melihat adanya berkas cahaya yang masuk dari bagian (jendela) tertentu sehingga menghasilkan efek pencahayaan yang dramatis dan indah untuk dilihat.

Mimbar Masjid

Mimbar Masjid

Bagian lain yang menurut saya sangat menarik adalah adanya ruang terbuka di bagian dalam, dimana ada kubah kecil di dalamnya. Salah satu sudut pandang yang paling saya suka adalah seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.

Bagian terbuka di dalam Masjid (foto favorit saya)

Bagian terbuka di dalam Masjid (foto favorit saya)

Tidak jauh dari kubah kecil tadi ada bagian bangunan dimana banyak tergantung lampu-lampu dari suatu atap yang sangat tinggi. Sulit menceritakannya. Lebih mudah melihat foto berikut ini.

Lampu-lampu gantung tergantung dari langit-langit yang sangat tinggi

Lampu-lampu gantung tergantung dari langit-langit yang sangat tinggi

4 thoughts on “Indahnya Masjid-Madrasah Al Hasan di Kairo

  1. kereen..kumpulan perjalanannya…Subhanallah…”Like this” bangeets..ada narasinya..tambah wawasan yg terlewatkan waktu ke Mesir bareng…hatur nuhun..

  2. Bagus..kereeen.. Pgn ksana nih. Elemen2 arsitekturnya sangat terjaga.. Sempurna.. Padahal dg skala yg besar skali. Subhanallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s