Brussells, Agustus 2000

Ada event unik 2 tahunan yang diselenggarakan di ibukota Belgia, Brussells, yaitu event yang disebut Karpet Bunga. Event tersebut diselenggarakan setiap tahun genap, jadi tahun ini event tersebut pasti ada di Belgia. Di ibukota Belgia, karpet bunga raksasa tersebut dibangun persis di alun-alun kota lama yang dikenal sebagai Grand Place. Foto berikut memperlihatkan persiapan karpet bunga tersebut yang saya ambil pada tahun 2000 yang lalu.

Bunga yang digunakan adalah bunga sungguhan, bukan bunga sintetis. Menurut salah satu sumber, total luas karpet bunga raksasa tersebut adalah 300 meter persegi, dan memerlukan 800,000 bunga segar. Proses penyusunan bunganya pun sudah jadi tontonan yang menarik, baik oleh warga Belgia sendiri, juga oleh para turis.

Sebelum dinyatakan dibuka secara resmi, biasanya ada upacara pembukaan yang dilakukan pada malam hari. Foto di atas adalah acara kembang api di atas karpet bunga pada acara pembukaan. Ini adalah acara yang dinanti semua orang. Banyak orang yang rela berdiri berjam-jam sebelum acara dimulai untuk menempati posisi yang paling strategis untuk menyaksikan acara tersebut. Acara ini diselenggarakan di setiap Agustus, dimana matahari terbenam sekitar jam 10 malam, dan kembang api tentunya baru bisa dimulai setelah malam benar-benar gelap.

Dua foto berikut di atas memperlihatkan suasana pada hari-hari Karpet Bunga Raksasa tersebut digelar di kota Brussells, Belgia. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari seluruh tempat, dari kota Brussels, dari kota lain di Belgia, bahkan dari seluruh kota di Eropa. Anda tinggal naik kereta ke stasiun Sentral kota Brussells, turun disana, kalau tersesat tanya Grand Place, lalu jalan kaki sekitar 5 menit dari stasiun tersebut.

Pola gambar karpet yang ditampilkan selalu unik, berbeda setiap kali penyelengaraannya. Hal ini membuat semua orang ingin melihatnya kembali setiap kali penyelenggaraannya. Untuk melihat langsung seperti pada foto di atas, GRATIS alias tidak bayar sama sekali. Jika ingin melihat dari Balkon Town Hall (gedung putih di kiri karpet pada foto di atas), kita harus membayar 3 euro. Oh, ya, saya pernah tinggal di kota Leuven di Belgia juga. Ternyata Karpet Bunga tersebut ada juga di Kota Leuven, tapi tentunya tidak sebesar yang di ibukota Belgia.

Jadi, kalau anda merencanakan untuk ke Eropa musim panas tahun ini, jangan lewatkan event ini di Brussells.