“Beautiful Sunset” di Manila Bay, Filipina

Manila, 8 Oktober 2011

Sejak tahun 1996 banyak kesempatan untuk mengunjungi berbagai negara yang saya dapatkan, tetapi satu negara tetangga ini belum pernah saya kunjungi, yaitu Filipina. Akhirnya, Oktober 2011, secara tidak terduga, tiba-tiba saya mendapat tugas untuk menghadiri sebuah Conference di Manila. Waktunya sangat singkat, tapi akhirnya kesempatan tersebut saya ambil juga untuk menambah panjang daftar tempat-tempat yang pernah saya ambil fotonya. Setelah dipelajari sechedu-nya, ternyata perjalanan yang harus saya lakukan super ketat. Saya harus berangkat tengah malam menggunakan maskapai Cebu Pacific, mendarat pagi, masuk hotel, lalu langsung ke tempat konferensi. Menginap satu malam, lalu hari besoknya, sore sudah harus ada di airport kembali.

Pemandangan Indah pada saat Sunset di Manila Bay

Pemandangan Indah pada saat Sunset di Manila Bay

Sunset di Manila Bay

Sunset di Manila Bay

Fotografer selalu tidak mau rugi, apalagi kamera sudah di tangan. Setelah mempelajari situasi  geografis hotel, ternyata letak hotel dekat dengan dermaga Manila Bay. Akhirnya, menjelang matahari terbenam suasana langit sangat menggiurkan untuk memotret dan saya putuskan jalan kaki menuju dermaga. Sebetulnya dermaga ini tidak menarik banget, karena banyak kotoran di atas permukaan air. Tapi dengan sudut pengambilan yang tepat, serta suasana langit yang sangat memukau saat itu, banyak hasil jepretan foto yang menarik yang berhasil yang dapatkan.

Pemandangan ke Arah Kota pada saat Sunset di Manila Bay

Pemandangan ke Arah Kota pada saat Sunset di Manila Bay

Bergaya di Manila Bay (menggunakan tripod)

Bergaya di Manila Bay (menggunakan tripod)

Leave a Reply

