Akhirnya…, datang juga kesempatan ke Rusia

Saint Petersburg, 23 November 2015

Setelah sekian lama mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di berbagai belahan dunia, satu negara yang ingin sekali saya kunjungi namun tidak mudah mendapat kesempatan untuk pergi kesana adalah Rusia. Rusia memang membuat penasaran dengan masa lalu sebagai negara yang “dingin” ketika masih era perang dingin, juga dengan arsitektur-arsitekturnya yang khas.

IMG_1949

Gereja “Savior on the Blood”

IMG_2142

Gereja “Savior on the Blood”

Di luar dugaan, Conference ilmiah yang tadinya akan saya hadiri sebagai pembicara di Tunisia tiba-tiba dibatalkan karena ada bom yang meledak disana. Conference dialihkan ke negara Amerika Latin yang bagi saya kurang menarik untuk dikunjungi dan di lain pihak sangat mahal biayanya untuk pergi kesana. Akhirnya makalah ilmiah yang sudah disiapkan saya tarik kembali dan mencoba mencari Conference lain yang topik besarnya kira-kira sama, yaitu tentang E-Governance. Akhirnya, menemukan EGOSE 2015 yang diselenggarakan di Saint Petersburg, Russia. Wah…., kebetulan nih…, pas dengan cita-cita yang sudah lama tertunda.

Akhirnya, tanpa harus banyak pertimbangan, makalah yang saya tarik, saya submit ke EGOSE 2015 di Rusia. Alhamdulillah, setelah revisi cukup banyak, dua makalah saya dapat diterima untuk dipresentasikan disana. Tantangan berikutnya adalah mencari sumber dana untuk pergi ke sana… Conference fee sekian euro, tiket pesawat sekian…, pembuatan visa sekian, hotel sekian…, sementara itu, dukungan yang tersedia dari ITB hanya sekian…, nomboknya sekian. Ya sudahlah…, nombok aja deh…, kapan lagi saya bisa berangkat ke Rusia. Kalau tidak dalam rangka Conference, mungkin sampai dipanggil Tuhan tidak akan pernah kesana.

Menarik juga mengamati harga tiketnya…. Berdasarkan scanning dari SkyScanner, ternyata tiket termurah Jakarta Saint Petersburg adalah menggunakan Turkish Airline (via Istanbul). Harganya di bawah 800-an USD. Penasaran nih, langsung menuju Website Turkish Airline, apakah ada fasilitas multiple city? Ternyata ada… Saya coba break rencana perjalanan, pulangnya singgah di Istanbul 2 malam. Yes!!! Harganya hanya beda dikit…, jadi saya putuskan singgal di Istanbul untuk motret…

Sempat kepikiran untuk mengajak istri saya untuk bertemu di Istanbul setelah saya pulang dari Rusia. Akhirnya saya coba cek harga tiket Turkish Airline untuk rute Jakarta-Istanbul-Jakarta…, berharap dapat harga 600-an USD. Ternyata sekitar 1200 USD. Akhirnya niat mengajak istri batal deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s